Bahas Tuntas Sensus Harian Rawat Inap

Sensus Harian Rawat Inap atau bahasa kerennya adalah Daily Inpatient Cencus yaitu Jumlah total dari pasien rawat inap suatu rumah sakit ketika dilakukannya kegiatan sensus. Waktu perhitungan sensus ini dimulai pada saat tengah malam pukul 00.01 sampai 24.00 setiap hari dan dikumpul di ruang rekam medis pada pagi hari atau sesuai kebijakan yang berlaku di rumah sakit tersebut.
    
           Pada sensus harian ini terdapat beberapa istilah - istilah dalam kegiatannya seperti pasien masuk, pasien pindahan, pasien keluar, pasien dipindahkan dan masih banyak lagi tetapi untuk mengetahui lebih lanjut silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Jumlah Pasien Masuk, yaitu jumlah pasien yang masuk dan berasal luar rumah untuk mendapatkan pelayanan rawat inap baik dia merupakan pasien rujukan maupun tidak. Jumlah pasien masuk mulai dihitung sejak pukul 00.01 sampai dengan pukul 24.00  pada saat dilakukannya sensus.

2. Tempat Tidur Tersedia atau bahasa kerennya Beds Count / Available Beds , yaitu Jumlah keseluruhan Tempat Tidur Rumah sakit yang sudah siap untuk digunakan oleh pasien rawat inap. Jumlah Tempat Tidur tersedia ini adalah jumlah Tempat Tidur yang sedang digunakan oleh pasien serta Tempat Tidur yang masih kosong dalam ruang perawatan. bayi baru lahir untuk tempat tidurnya dihitung terpisah dari tempat tidur perawatan serta tempat tidur di ruang Pemulihan, tindakan, serta persalinan tidak dianggap untuk perhitungan tempat tidur tersedia.

3. Tempat Tidur Terpakai adalah jumlah tempat tidur yang dipakai oleh pasien rawat inap secra keseluruhan di seluruh ruang perawatan. Jumlah ini sama dengan jumlah hari perawatan pada satuan waktu tertentu atau biasanya pada satu periode 24 jam penuh.

Rumus Menghitung Lama Rawat




4. Lama Rawat atau bahasa gaulnya Length Of Stay yang biasa disebut dengan nama " LOS " adalah jumlah total lama seorang psien dirawat dirumah sakit yang dihitung bagi seluruh pasien yang sudah menggunakan pelayanan rawat inap di suatu rumah sakit. Untuk pasien yang masuk dan keluar pada hari yang sama atau One Day Care (ODC) khusus mempunyai lama Rawat 1 Hari karena jika Lama Rawat tidak dihitung maka rumah sakit akan rugi dikarekan pembayaran perawatan juga memperhitungkan lama rawat seorang pasien.



Contoh : Seorang pasien bernama Mrs. Y masuk rumah sakit dengan diagnosa Gastritis Acute, dia dirawat di ruang perawatan interna sejak tanggal 6 Desember dan keluar pada tanggal 8 desember. Berapakah Lama Rawat Mrs. Y ?

Jawab :      LOS  = TANGGAL KELUAR - TANGGAL MASUK
                            =                            8        -       6
                            =                               2  HARI

Jadi, Lama Rawat yang dimiliki oleh pasien bernama Mrs. Y adalah 2 Hari



Untuk kasus pasien yang masuk dan keluar pada bulan berbeda, misalnya : Mr . X masuk rumah sakit dan dirawat mulai tanggal 5 Januari kemudian keluar pada tanggal 7 Februari. Berapakah Lama Rawat nya?
Jawab :   LOS =  JUMLAH HARI PADA BULAN PASIEN MASUK - TANGGAL MASUK                                                                            +        TANGGAL KELUAR
                        =          31 (JUMLAH HARI BULAN JANUARI)    -       5       +       7
                        =                                               26      +      7
                        =                                                33   HARI

Jadi, Lama Rawat yang dimiliki oleh pasien bernama Mr. X adalah 33 Hari

5. Hari Perawatan adalah total seluruh pasien yang ada pada saat sensus di catat setiap hari ditambah dengan jumlah pasien yang masuk serta keluar rumah sakit pada hari yang sama. Jadi kesimpulannya, Hari perawatan sama dengan jumlah pasien rawat inap yang memakai tempat tidur dalam jangka waktu sehari penuh. Setiap pasien yang di rawat mendapatkan satu hari perawatan setiap hari kecuali apabila dia sudah keluar maka hari pada saat dia keluar tidak dihitung sebagai hari perawatan.

          Perbedaan antara lama rawat dan hari perawatan yaitu terletak pada hari dimana dia dirawat, artinya jika hari perawatan dihitung dari pasien yang masih dirawat dan menggunakan tempat tidur rumah sakit setiap harinya sedangkan lama rawat dihitung hanya pada saat pasien keluar rumah sakit untuk mengakhiri pengobatannya. Berikut adalah contoh perhitungannya :


Perhitungan Lama Rawat dan Hari Perawatan
 6. Pasien dipindahkan adalah jumlah pasien yang keluar dari suatu ruang rawat inap lalu pindah ke ruang rawat inap yang lain pada satu rumah sakit yang sama.

7. Pasien Pindahan adalah jumlah pasien masuk ke suatu ruang rawat inap yang berasal dari suatu ruang Rawat inap lain pada satu rumah sakit yang sama.

8. Pasien masuk dan keluar pada hari yang sama atau bahasa kerennya One Day Care yaitu pasien yang masuk serta keluar pada satu hari yang sama atau satu hari perawatan. Pasien One Day Care ini mempunyai tanggal masuk dan keluar yang sama tetapi untuk perhitungan LOS nya dihitung satu hari.

9. Pasien Meninggal < 48 Jam (Kurang dari 48 Jam) yaitu pasien yang meninggal kurang dari 48 Jam sesudah masuk ke ruang perawatan suatu rumah sakit.

10. Pasien Meninggal > 48 Jam (Lebih dari 48 Jam) yaitu pasien yang meninggal Lebih dari 48 Jam sesudah masuk ke ruang perawatan suatu rumah sakit.

11. Pasien awal adalah jumlah pasien yang sudah ada di dalam suatu ruang perawatan pada saat sensus belum dilakukan.

12. Pasien Sisa atau yang masih dirawat adalah jumlah pasien awal ditambah jumlah pasien masuk dikurang jumlah pasien keluar hidup dan meninggal.

13. Pasien Keluar Hidup adalah jumlah pasien yang keluar dari suatu rumah sakit dalam keadaan hidup (baik dalam keadaa sembuh, pulang atas permintaan sendiri, melarikan diri, ataupun dirujuk ke rumah sakit lain).

14. Total pasien keluar adalah jumlah pasien keluar hidup + jumlah pasien meninggal < 48 jam / > 48 jam.

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Kak numpang nanyak :d

Jadi gini, dalam formulir rekapitulasi harian pasien rawat inap ada kolom "lama dirawat" nah dikolom ini tidak ada rumus untuk perhitungannya, yang saya tanyakan apakah perhitungan lama dirawat digabung, jadi kayak ada pasien masuk tanggal 1 bulan yg sama berjumlah 4 orang, trus tnggl keluar nya yg 2 orang tanggal 5, yang 2 nya lagi tanggal 4.
Bagaimanq perhitunggan lama dirawatnya apakah
8 hari di tambah 6 hari jadinya 14 hari lama dirawat?
Mohon pencerahannya "

Balas