Alur Pengisisan Formulir Rekapitulasi Laporan (RL)

Rekapitulasi laporan atau biasa disingkat "RL" adalah suatu kegiatan pelaporan ekstern rumah sakit ke direktorat jendral Bina Upaya Kesehatan atau Dirjen BUK, namun untuk pengisian formulir RL tersebut ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum mengisi formulir tersebut yaitu :
1. Register Pelayanan Pasien Rawat Inap
2. Sensus Harian Pasien Rawat Inap
3. Rekapitulasi Harian Pasien Rawat Inap (RP.1)
4. Rekapitulasi Bulanan Per Jenis Pelayanan (RP.2)
5. Data Triwulan
     
        Setelah tahapan -  tahapan tersebut selesai dilakukan maka barulah dijadikan dasar untuk pembuatan Laporan Ekstern Rumah Sakit (RL) khususnya pada SIRS Revisi ke VI (ke-6) tahun 2011 terdapat pada RL 3. untuk pembahasan lebih lengkap tentang tahapan - tahapan tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

Alur Pengisian Formulir Rekapitulasi Laporan

1. Register Pelayanan Pasein Rawat inap adalah suatu buku ataupun format untuk mengisi informasi pasien yang menggunakan fasilitas pelayanan rawat inap yang informasinya mulai dari identitas pasien sampai dengan cara pembayaran yang digunakan pasien

2. Sensus Harian Pasein Rawat Inap atau bisanya disingkat "SHRI" adalah suatu kegiatan penghitungan seluruh pasien rawat inap pada suatu rumah sakit yang waktu pelaksanaanya dilakukan setiap hari pada ruang rawat inap. Pada formulir ini berisi tentang mutasi masuk sampai keluarnya pasien termasuk pasien masuk, pasien keluar, pasien yang meninggal kurang atau lebih dari 48 jam, perpindahan pasien antar ruangan, serta kapasitas tempat tidur selama 24 jam mulai dari pukul 00.01 - 24.00.
  
       Sesus Harian Pasien Rawat Inap ini diisi oleh perawat kemudian jika telah selesai diisi maka diantarkan ke ruang Rekam Medis atau Medical Record. Tujuan dilakukannya Sensus ini tidak lain untuk memperoleh informasi tentang semua pasien yang masuk dan keluar rumah sakit selama 24 jam non - stop. Kegunaan  Sensus Harian Pasien Rawat Inap ini, yaitu :

a. Mengetahui berapa jumlah pasien yang masuk, pasien keluar, serta pasien yang meninggal di dalam rumah sakit.

b. Mengetahui jumlah penggunaan tempat tidur rumah sakit yang digunakan oleh pasien

c. Sebagai sumber data untuk kegiatan pelaporan eksternal rumah sakit atau Sistem Informasi Rumah
Sakit (SIRS)

d. Sebagai dasar perhitungan pengadaan sarana atau fasilitas Rumah Sakit

e. Sebagai dasar perhitungan untuk mengetahui jumlah biaya anggaran yang dibutuhkan oleh rumah sakit

       Pada pelaksanaan kegiatan sensus ini terdapat Tanggung Jawab pelaksanaan yang harus di pegang Kepala perawat pada masing - masing ruang rawat inap dan perawat atau bidan yang mengurus pasien ataupun petugas yang ditunjuk oleh kepala perawat ruang rawat inap yang bersangkutan serta unit rekam medis yang bertugas menyediakan Lembar Formulir Sensus harian ini.

3. Rekapitulasi Harian Pasien Rawat Inap (RP 1) adalah suatu form Rekapitulasi Harian Pasien rawat inap sebagai formulir perantara untuk menghitung serta merekap hasil jumlah pasien rawat inap selama sebulan yang diterima dari semua ruang rawat inap pada rumah sakit yang telah dikumpulkan pada sensus harian.

       Formulir RP 1 ini bertujuan untuk memperoleh informasi dari semua pasien yang dirawat di suatu rumah sakit selama sebulan secara keseluruhan ataupun pada tiap ruang rawat inap yang diperlukan yang dibutuhkan untuk perencanaan dan pengawasan serta penilaian kerja. kegunaan dari Rekapitulasi harian pasien rawat inap ini, yaitu :

a. Mengetahui  seluruh Jumlah pasien yang dirawat dalam jangka waktu sebulan atau bahkan satu tri wulan (1 Triwulan = 3 Bulan)

b. Mengetahui hasil tingkat pemakaian tempat tidur rumah sakit dalam jangka waktu sebulan atau bahkan satu tri wulan

c. Sebagai dasar pada pengisian laporan rumah sakit

      Pada pelaksanaan kegiatan Rekapitulasi Harian ini terdapat Tanggung Jawab pelaksanaan yang harus di pegang oleh kepala unit rekam medis beserta dengan staf unit rekam medis itu sendiri.

Mekanisme pembuatan Rekapitulasi RP 1 ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu :
  • Form RP 1 merupakan form standar untuk membuat rekapan pasien rawat inap setiap bulan lalu kemudian dijumlahakan menjadi triwulan
  • Form RP 1 terdiri dari satu lembar pada setiap jenis pelayanan rawat inap dan satu lembar untuk diberikan ke rumah sakit secara keseluruhan, misalmnya : Ruang Rawat Interna, Ruang Rawat Bedah
  • Form RP 1 pengisiannya sesuai dengan data yang terdapat pada rekapitulasi sensus harian tergantung jenis pelayanan rawat inap
  • Form Rp 1 ini diselesaikan setiap hari sesuai dengan tanggal pelaporan yang telah ditentukan, misalnya : setiap tanggal 10 bulan berjalan

4. Rekapitulasi Bulanan Per Jenis Pelayanan (RP 2) adalah suatu form Rekapitulasi bulanan Pasien rawat inap sebagai formulir perantara untuk menghitung serta merekap hasil jumlah pasien rawat inap setiap bulannya yang diterima dari tiap unit rawat inap.

         Formulir ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang seluruh pasien yang di rawat di rumah sakit secara keseluruhan serta tiap unit rawat inap untuk menunjang perencanaan dan pengawasan serta evaluasi pada rumah sakit tersebut. Kegunaan dari Form RP 2 ini, yaitu :

a. Untuk Mengetahui berapa jumlah pasien yang dirawat pada bulan tersebut

b. Untuk mengetahui tingkat penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit

c. Sebagai dasar tentang data pasien yang dirawat pada bulan yang diinginkan jika harus dikirim ke Direktur Rumah Sakit, Bagian Keperawatan, serta unit lain yang membutuhkan

          Pada pelaksanaan kegiatan Rekapitulasi Harian ini terdapat Tanggung Jawab pelaksanaan yang harus di pegang oleh kepala unit rekam medis beserta dengan staf unit rekam medis yang ditunjuk oleh kepala rekam medis untuk melakukan pekerjaan ini.

Mekanisme pembuatan Rekapitulasi Bulanan RP 2 ini terdiri dari beberapa tahap, yaitu :
  • Form RP 2 yang merupakan suatu form standar yang disiapkan telah tersedia serta berurutan sesuai ruang rawat inap dan jenis pelayanannya
  • Form RP 2 pengisiannya setelah Rekapitulasi Harian Pasien Rawat Inap selesai diisi selama jangka waktu satu bulan (1 bulan)

5. Formulir data Triwulan adalah suatu form rekapitulasi per triwulan atau 3 bulan sebagai formulir perantara untuk menghitung serta merekap jumlah pasien rawat inap selama kurun waktu satu tri wulan (1 Triwulan = 3 Bulan).

          Formulir data triwulan ini berguna sebagai dasar dalam data pengisian form laporan kegiatan rumah sakit yang terdapat pada SIRS Revisi VI yaitu di Rekapitulasi Laporan 1 (RL 1). Mekanisme pembuatannya adalah dengan merekap RP 2 sebanyak 3 kali.
Previous
Next Post »
2 Komentar
avatar

kak boleh minta referensinya gak ya

Balas
avatar

Boleh minta yang khusus RL 2b ga?

Balas