Statistik Rumah Sakit

Rumah Sakit adalah suatu badan pelayanan kesehatan tingkat atas yang dimana dalamnya terdapat banyak pelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada pasiennya. Pada sekian banyak pelayanan yang diberikan kepada pasiennya, ternyata didalam rumah sakit juga terdapat statistik untuk mengukur tingkat pelayanan yang diberikan kepada pasien rumah sakit tersebut. untuk mengetahui lebih lanjut tentang statistik di rumah sakit, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu tentang definisi Statistik secara umum.

Statistik Rumah Sakit
            Statistik yang berasal dari kata "state" yang diartikan dalam bahasa Romawi yang berarti Negara/Negarawan. Statistik yang erat hubungannya dengan data beserta sifat-sifatnya sehingga Satatistik dapat didefinisikan sebgai ilmu yang mempelajari tentang metode dan prosedur dari pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data dan analisa atau interpretasi data mentah agar menghasilkan sebuah informasi.

Dalam Rumah Sakit, Statistik Berperan sebagai berikut :

  •  Membandingkan keadaan Rumah sakit pada waktu dulu dengan waktu sekarang
  •  Sebagai bahan acuan untuk pengembangan rumah sakit dimasa mendatang
  •  Menilai Kenerja medis, perawat, serta tenaga kesehatan lainnya yang berperan langsung melayani pasien.
  •  Sedangkan khususnya untuk Rumah Sakit pemerintah, Statistik juga bergunan sebagai informasi untuk mendapatkan subsidi atau bantuan biaya dari pemerintah

Pada pengumpulan statistik rumah sakit terdapat beberapa istilah diantaranya, yaitu :

1. Admission (pasien masuk / kunjungan masuk)

2. Discharge  (pasien keluar)

3. Outpatient (pasien rawat jalan)

4. Inpatien (pasien rawat inap)

5.One Day Care (ODC)

6. Persalinan

7. Lahir hidup

8. Lahir meninggal

9. tindakan operasi (surgical procedure)

10. Izin keluar Rumah Sakit (Short term leave)

          Berdasarkan istilah diatas kita dapat mengetahui lebih banyak tentang istilah di dalam pengumpulan statistik rumah sakit, tetapi untuk penjelasan dari istilah - istilah diatas silahkan anda baca uraian pembahasan lebih lengkapnya berikut ini :

1. Admission (pasien masuk / kunjungan masuk), yaitu suatu proses resmi yang di lakukan oleh seorang pasien pada saat diterima oleh rumah sakit yang bertujuan untuk mendapatkan pelayanan pengobatan untuk pasien itu sendiri. seandainya psien tersebut keluar dari rumah sakit secara resmi lalu kembali lagi ke rumah sakit untuk pengobatan lebih lanjuut tentang keadaan kesehatannya, maka proses admisi akan berulang kembali dan  kemudian admisi tersebut tercatat pada statistik.

2. Discharge (pasien keluar) adalah suatu proses resmi keluarnya seorang pasien yang mendapatkan pelayanan rawat inap kemudian meninggalkan rumah sakit serta menandai akhir dari perawatannya.

3. Outpatient (pasien keluar) yaitu jika seorang pasien yang mendapatkan perawtan medis di rumah sakit atau fsilitas perawatan kesehatan lainnya sebagai pasien rawat jalan (bukan inpatient) atau datang hanya untuk kontrol kesehatan.

4. Inpatient (pasien rawat inap) yaitu seorang pasien yang mendapatkan pelayan dirumah sakit serta memakai tempat tidur (TT) rumah sakit yang bertujuan untuk pemulihan kesehatannya atau pengobatan

5. One Day care (ODC) dapat diartikan sebagai rawat sehari atau pasien yang masuk dan keluar pada hari yang sama, dalam implementasinya one day care (ODC) yaitu seorang pasien yang dirawat di fasilitas perawatan selama minimum 6 sampai 8 jam dalam satu hari yang sama.

6. persalinan yaitu suatu tindakan untuk membantu proses kelahiran bayi, baik bayi itu hidup maupun meninggal. untuk kepentingan statistik, persalinan bayi kembar dihitung sebagai satu kali persalinan.

7. Lahir hidup, yaitu proses ekstraksi atau pengeluaran sebagai hasil dari reproduksi sang ibu, tidak bergantung pada masa kehamilan, lalu bernafas atau menunjukkan tanda - tanda kelahiran sang bayi seperti detak jantung, tali pusar atau gerak pada otot baik pada saat tali pusar sudah dipotong maupun belum dipotong.

8. Lahir mati (Fetal Death), yaitu kondisi dimana janin yang dilahirkan sudah dalam kondisi meninggal, serta tanpa memperhatikan usia dari kehamilan.

9. Tindakan operasi (Surgical Procedure), yaitu dimana suatu tindakan dilakukan pada bagian tubuh yang masih dapat diperbaiki (repair) maupun dapat disempurnakan baik memakai alat ataupun tidak memakai alat. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh dokter maupun dokter gigi yang telah mendapat izin untuk melakukan tindakan memperbaiki bagian tubuh yang kurang atau hilang, membuang jaringan yang rusak pada tubuh dan mengeluarkan benda asing yang ada dalam tubuh serta membantu dalam proses kelahiran bayi.

10. Izin keluar rumah sakit (Short term Leave), yaitu seorang pasien rawat inap yang tidak memerlukan pengobatan pada akhir minggu atau masa libur yang pendek sehingga harus meninggalkan rumah sakit biasanya karena ada keperluan tersendiri. Pasien ini tidak boleh dikeluarkan atau di anggap keluar, waktu yang digunakan selama izin keluar rumah sakit tidak dihitung sebagai hari perawatan (occuped bed-days), tetapi untuk perhitungan lama rawat tetap dihitung selama dia pertama dirawat + lama izin keluar rumah sakit + lama rawat setelah pulang dari rumah sakit.

Previous
Next Post »
1 Komentar
This comment has been removed by the author. - Hapus